condition monitoring
Mesin

Inginkan Kondisi Mesin Tetap Prima? Lakukan Condition Monitoring Berkala

Mesin merupakan sebuah peralatan vital dalam menentukan performa sebuah pabrik dan mendukung kelancaran proses produksi. Untuk menjaga mesin tetap berada dalam kondisi terbaik disarankan untuk melakukan perawatan berkala atau lebih sering dikenal dengan condition monitoring.

Apa Itu Condition Monitoring?

Nah, sebelum membahas lebih lanjut tentang condition monitoring ada baiknya ketahui dulu definisi condition monitoring atau lebih sering disebut sebagai CM. Proses ini merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan memeriksa, memantau bahkan menguji sistem pada suatu mesin yang dilakukan secara berkala. Terkadang proses CM juga dilakukan sesuai dengan kondisi tertentu pada mesin. Sebenarnya saat ini juga sudah cukup banyak teknologi untuk pemantauan CM salah satunya dengan condition monitoring SKF. 

Tujuan Dilakukan CM

Setelah anda tahu bahwa CM merupakan sebuah cara untuk memonitor kondisi mesin, sebenarnya ada banyak tujuan kenapa harus melakukan condition monitoring secara berkala. Ketika perusahaan melakukan CM berkala maka bisa bertujuan untuk menekan O&O Cost, hal ini bisa dilakukan dengan perbaikan sebelum jadwal kerusakan serta penjadwalan untuk perbaikan. 

Apa Saja yang Dilakukan Saat CM?

Sebenarnya apa saja yang dilakukan oleh mekanik saat proses condition monitoring? Nah, ketika memulai tahapan condition monitoring biasanya diawali dengan pemeriksaan secara visual untuk melihat kemungkinan kerusakan secara langsung. Pemeriksaan visual yang dilakukan tidak membutuhkan alat khusus hanya memanfaatkan mata saja. 

Pemeriksaan lanjutan dalam proses condition monitoring yakni menggunakan peralatan khusus untuk peralatan mesin di pabrikan. Umumnya pemeriksaan ini harus dilakukan apabila saat pemeriksaan visual tidak bisa memberikan informasi yang cukup tentang kondisi mesin.

Jika anda tidak ingin mendapatkan masalah tiba – tiba, anda juga bisa memanfaatkan deteksi dini yang saat ini sudah cukup banyak dijual. Deteksi dini memungkinkan untuk bisa mendeteksi gangguan pada sebuah mesin misalnya ketika terjadi kebocoran arus listrik. Hal ini penting untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Salah satu alat deteksi dini mesin yang dikenal bagus adalah condition monitoring SKF. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *