Ilustrasi Pembelajaran Les Privat
Bimbingan Belajar

Sebelum Mendaftar, Kenali Dulu Kekurangan Les Privat Sekolah Internasional

Seiring dengan maraknya sekolah internasional, les privat sekolah internasional pun menjadi semakin menjamur di tengah masyarakat. Les privat berstandar internasional tentu menawarkan beragam kelebihan yang tidak dimiliki oleh les privat konvensional manapun. Mulai dari fasilitas yang didapatkan hingga metode yang digunakan.

Meskipun demikian, ada juga beberapa kekurangan yang harus dipahami oleh orang tua sebelum mendaftarkan sang anak ke les privat sekolah internasional. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menguras Waktu, Pikiran, dan Tenaga Anak

Anak yang sudah belajar dari pagi hingga sore hari, ditambah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, hingga mengikuti les privat, membuat sang anak harus menguras pikiran dan tenaga hingga waktu istirahat mereka semakin sedikit. Oleh karena itu, orang tua harus menyesuaikan waktu les anak agar ia tidak merasa terbebani.

  1. Materi Terkadang Tidak Sesuai

Tidak hanya yang bersekolah di sekolah internasional, tak sedikit pula anak yang bersekolah di sekolah negeri yang mengikuti les privat sekolah internasional. Meskipun demikian, anak tersebut bukannya semakin memahami materi, justru semakin tidak mengerti. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan kurikulum antara sekolah dengan les privat, sehingga tak sedikit materi yang dapat dipahaminya. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan anak, agar materi dapat diterima dengan baik.

  1. Harganya yang Mahal

Harga les privat pada umumnya lebih mahal dari les biasa. Terlebih jika lembaga tersebut berstandar internasional, mau tak mau orang tua harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi agar sang anak dapat mengikuti les privat sekolah internasional. Meskipun demikian, biaya yang dikeluarkan orang tua dinilai sepadan dengan yang didapat oleh sang anak.

  1. Anak Menjadi Kurang Bisa Bersosialisasi

Karena les privat hanya dilakukan oleh seorang diri, maka sang anak menjadi kurang bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya. Hal ini terjadi karena sang anak hanya berinteraksi dengan tentornya saja.

Dengan beberapa kekurangan yang telah dipaparkan, tentu orang tua harus memikirkan kembali keputusan mengikutkan anak ke les privat sekolah internasional. Terlebih lagi, hal ini juga menyangkut masa depan sang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *