cek masa subur menggunakan alat tes ovulasi
Kesehatan

Kapan Sebaiknya Menggunakan Alat Tes Ovulasi

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan, untuk mengecek kapan masa subur tiba. Salah satunya adalah dengan menggunakan tes ovulasi, tepatnya menggunakan alat tes ovulasi. Tapi yang jadi masalah adalah alat tes ovulasi ini hanya dapat digunakan 1 kali pemakaian saja. Untuk memaksimalkan alat, dan juga melakukan hubungan intim secara tepat. tidak ada salahnya jika anda menggunakan beberapa cara berikut ini :  

Menggunakan kalender

Yang pertama adalah dengan menggunakan kalender. Terutama untuk Anda yang mempunyai sistem menstruasi normal dan rutin. Maka ini akan jadi cara yang tepat.

Sebaiknya cek siklus menstruasi Anda. Berapa rata-rata siklus menstruasi yang Anda dapatkan, apakah itu 32 hari, 25 hari atau yang lainnya. Waktu pengetesan paling baik dilakukan adalah hari ke-16, terhitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Ini adalah cara yang dapat Anda lakukan sebelum menggunakan alat tes ovulasi.

Waktu pengetesan

Untuk waktu pengetesan sendiri sebaiknya dilakukan selama 5 atau 6 hari berturut-turut, setelah Anda dinyatakan memperoleh masa subur, sesuai kalender. Adapun waktu yang tepat untuk melakukan pengetesan adalah jam 10 siang hingga jam 22.00 malam.

Sebaiknya bukan urin pertama di pagi hari yang digunakan, untuk pengetesan. Akan lebih baik, jika Anda mengurangi cairan setidaknya 2 jam sebelum waktu pengetesan tiba.

Menggunakan alat tes ovulasi  

Setelah Anda mengetahui kapan masa subur tiba, maka berikutnya adalah menggunakan alat tes ovulasi. Adapun cara menggunakan alat tes ovulasi ini tidak terlalu sulit. Pertama-tama Anda perlu membeli alat tes secara tepat, di apotik terdekat. Pastikan yang Anda beli adalah alat tes kesuburan, dan bukan alat tes kehamilan. Sebelum menggunakan alat, pastikan tanggal kadaluarsa dari alat tersebut.

Cara menggunakan alat tersebut, kurang lebih sama dengan alat cek kehamilan. Adapun hasil tes ovulasi positif, yang dimiliki oleh alat ini juga berupa 2 strip / 2 garis. Yang menandakan bahwa Anda sedang dalam masa subur. Ini akan jadi waktu yang tepat, untuk melakukan hubungan intim, untuk memperoleh keturunan.

Dari ulasan di atas, tentunya dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan alat tes ovulasi, agar hasil tes ovulasi semakin akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot gacor