Ilustrasi Genteng Ringan dan Kuat
Bahan Bangunan

Jenis-Jenis Genteng Ringan Paling Populer dan Sering Digunakan

Belakangan ini penggunaan genteng ringan dan kuat atau genteng metal sedang sangat marak-maraknya. Orang-orang juga banyak yang menilai bahwa penggunaan genteng metal lebih kuat daripada genteng biasa. Selain itu masih banyak pula kelebihan-kelebihan lainnya.

Kali ini tidak akan membahas kelebihan-kelebihan itu, namun artikel ini akan mengulas terkait jenis-jenis dari genteng ringan tersebut. Simak lebih lanjut!

Genteng Metal Galvalume Steel

Genteng ringan dan kuat ini memiliki bahan utama berupa karbon atau baja besi. Bahan tersebut kemudian dilapisi dengan perpaduan antara aluminium dan seng. Hal ini yang kemudian menjadikan genteng ringan jenis ini disebut galvalume steel. Bentuk dari genteng ini berupa lembaran seng lebar yang ditanam pada block dan diperkuat dengan sekrup.

Genteng ringan jenis ini sering kali digunakan untuk berbagai macam jenis desain atap rumah minimalis, terutama daerah perumahan atau perkotaan. Dengan bahan yang ringan dan lentur tentu ini sangat cocok untuk jenis bangunan perumahan modern nan minimalis.

Genteng Metal Standing Steam

Genteng jenis ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan pada bangunan komersial maupun perumahan. Genteng metal standing steam ini menggunakan interlock system yang berarti atap genteng menyatu langsung dengan rangka atap. Dengan begitu, atap rumah menjadi semakin kuat dan tahan guncangan.

Hal lain yang didapatkan dari penggunaan genteng ini adalah bentuknya yang unik. Bentuknya lebar dengan garis lurus sejajar. Sungguh bentuk desain atap rumah minimalis dan mampu menyuguhkan kesan kontemporer yang epic.

Genteng Metal Spandek

Genteng metal ini memiliki komposisi bahan dengan persentase 43 % seng, 55% aluminium dan 1,5% silicon sehingga membentuk metal spandek yang kokoh dna fleksibel. Genteng jenis ini dapat dibentuk sesuai rangka atap rumah. Permukaannya dibuat bergelombang agar mudah dalam proses pengecatannya.

Genteng jenis metal spandek ini biasanya digunakan pada atap mall, pabrik, perkantoran, ruko serta beragam desain atap rumah minimalis lainnya. Dengan bentuknya yang dapat disesuaikan dengan jenis bangunan, ini menjadi pilihan cocok bagi para penduduk di perkotaan yang memiliki beragam bentuk rumah.

Genteng Metal Tembaga

Tidak banyak yang menggunakan genteng ringan dengan jenis yang satu ini. Mengingat harganya yang sangat mahal dengan beragam campuran metal di dalamnya, hanya orang-orang tertentu saja yang memilikinya. Biasanya digunakan untuk menghias bangunan semacam kubah masjid, bangunan bersejarah, museum dan lain sebagainya. Genteng jenis ini juga memiliki ketahanan yang tidak bisa diragukan lagi.

Demikianlah beberapa pilihan jenis genteng ringan dan kuat. Pilih sesuai kebutuhan dan fungsinya, agar hunian terasa nyaman dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *