Ilustrasi Integrasi Ecommerce dan CRM
e-commerce

Dampak Baik yang Dihasilkan Sistem CRM yang Terintegrasi dalam Layanan Perusahaan E-commerce

Dalam menangani keluhan dariĀ  konsumen, banyak perusahaan terutama perusahaan e-commerce saat ini yang sudah menerapkan sistem CRM. Sistem yang biasanya berbentuk aplikasi ini berguna untuk menampung segala keluhan dan masukan pelanggan. Lalu CRM juga berguna untuk mengatasi semua keluhan pelanggan serta menanganinya dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan bisa merasa ada perhatian lebih yang diberikan oleh perusahaan terutama perusahaan e-commerce yang sudah terintegrasi dengan sistem CRM. Namun, banyak yang belum mengetahui apa itu CRM secara detail serta bagaimana fungsinya untuk perusahaan terutama untuk perusahaan dengan layanan integrasi ecommerce dan crm. Berikut penjelasan mengenai CRM yang dikutip dari Soltius.

CRM atau Customer Relationship Management atau jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah pengatur hubungan pelanggan adalah istilah untuk aplikasi yang khusus menyediakan layanan keluhan pelanggan. Tentu saja dalam setiap bisnis atau usaha yang dijalankan, akan selalu ada keluhan dari pelanggan yang merasa tidak puas dengan layanan atau produk yang ditawarkan. Aplikasi CRM hadir sebagai wadah untuk menampung semua keluhan pelanggan dan menyajikannya kepada pegawai  yang bertanggung jawab untuk menangani keluhan dari perusahaan tersebut untuk dengan segera merespons.  Dengan perkembangan dunia informasi teknologi yang terus meningkat, CRM saat ini sudah berwujud sebagai sebuah sistem yang kompleks dan terintegrasi yang digunakan untuk mengelola hubungan perusahaan dengan para pelanggannya. Selain bentuk aplikasi, CRM juga sudah berubah menjadi sebuah metode untuk mengelola keluhan pelanggan dengan tepat dan efektif.

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan dari pengaplikasian CRM ke dalam bisnis e-commerce, di antaranya yaitu meningkatkan kesetiaan pelanggan, mengurangi biaya, membuat kegiatan operasional menjadi efisien, dan mengetahui sasaran bisnis. Dengan semua informasi yang dikumpulkan melalui berbagai cara seperti melalui SMS, panggilan telepon, pos elektronik, hingga media sosial, maka perusahaan e-commerce juga secara konsisten memahami para pelanggannya. Dengan berbekal data-data tersebut, perusahaan integrasi ecommerce dan crm bisa menjadi lebih baik dalam memasarkan produk atau bisa juga digunakan sebagai langkah selanjutnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Selain itu, dengan terintegrasi melalui sistem CRM, perusahaan e-commerce juga bisa mengurangi biaya pemasaran karena setiap produk sudah menemukan target pasarnya masing-masing. Perusahaan e-commerce tidak perlu lagi melakukan penjajakkan pasar lagi karena semua data tentang pelanggan sudah dimiliki dan hanya perlu dikelola. Dengan banyaknya kemudahan yang karena terintegrasi dengan sistem CRM, maka perusahaan dengan layanan e-commerce sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif ataupun biaya birokrasi lagi. Betapa banyaknya manfaat yang dihasilkan dari sistem CRM bila terintegrasi dengan layanan yang dimiliki perusahaan e-commerce.

Demikian info terkait CRM serta kegunaannya bila perusahaan dengan layanan integrasi ecommerce dan crm telah terintegrasi dengan sistem CRM. Semoga bermanfaat dan menjadi bekal untuk lebih yakin terhadap keunggulan yang diberikan dari sistem CRM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *