rangka baja
Bahan Bangunan

Ciptakan Keindahan Rumah dengan 5 Jenis Atap Penutup Rangka Baja

Selain memilih rangka baja yang berkualitas, atap penutupnya juga harus sesuai dengan jenis rangkanya. Selain agar bangunan rangka baja awet, atap juga bisa menunjang desain bangunan terlihat bagus. Lalu apa saja jenis atap atau genteng yang cocok untuk rangka dari baja ringan?

Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate ada yang memiliki rongga dan tidak berongga biasanya digunakan untuk atap garasi atau kanopi. Ada banyak pilihan warna dari atap ini dan kedap air, tetapi cenderung mudah berjamur dan sulit untuk dibersihkan. Jika menggunakan atap polycarbonate pastikan memilih yang kuat, tekstur tidak mudah berubah, dan mudah untuk dipasang. 

Atap Sirap

Atap sirap atau ulin atau bulian atau kayu besi ini memiliki kekuatan tinggi dan tahan dengan panas matahari. Atap ini memiliki bentuk yang tipis memanjang, ringan, dan memiliki sifat isolasi akan panas, tetapi cukup sulit untuk dipasang. Selain untuk atap rumah rangka baja ringan, banyak pihak memanfaatkan atap sirap untuk jembatan atau bantalan kereta api. 

Atap Keramik

Atap berbahan keramik ini memiliki banyak variasi warna yang mampu memunculkan kesan bangunan klasik, modern, mediterania, atau tropis. Proses pembakaran keramik membuat atap ini lebih awet yang juga mempermudah proses penggantiannya. Kerapatan saat memasang atap ini pada rangka baja menjadi hal penting agar tidak ada kebocoran.

Atap Beton

Selain menunjang penampilan bangunan, atap beton termasuk tahan akan terpaan angin karena bobot yang cukup berat. Pemasangan rangka baja ringan harus dengan jenis yang tepat bila ingin menggunakan atap beton. Namun, atap beton memiliki tekstur kasar dan lumut mudah untuk tumbuh di permukaannya.

Atap Metal

Atap berbahan metal memiliki bobot yang ringan sehingga tidak memberikan banyak beban atau tekanan pada rangkanya. Kelebihan lainnya, atap ini memiliki lapisan anti karat dan anti lumut, tidak mudah terbakar, serta tidak menyerap panas. Agar keindahan rumah tetap tampak, pemasangannya perlu kerapian dan ketelitian.

Pastikan memilih jenis atap yang bisa menunjang keindahan dari desain rumah dan kenyamanan penghuninya. Perhatikan juga jenis rangka baja agar sesuai untuk menopang atap penutup sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *