Ilustrasi invoice pembayaran
Bisnis

Isi Dari Invoice Pembayaran

Dalam proses jual beli suatu perusahaan pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya invoice pembayaran. Namun, bagi beberapa orang awam mungkin tidak banyak yang tahu. Ya, invoice adalah suatu bukti atau surat panggilan pembayaran yang berisi:

Nama Perusahaan Penjual dan Pembeli

Pertama, invoice pembayaran berisi tentang nama perusahaan penjual dan juga perusahaan pembeli. Perusahaan penjual biasanya namanya sudah permanen dalam kertas invoice yang dicetak khusus. 

Sedangkan untuk perusahaan pembeli bisa diketik atau ditulis tangan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan karena perusahaan pembeli umumnya tidak hanya satu dua akan tetapi sangat banyak. Dengan ini maka visa digunakan untuk membedakan. 

Waktu Transaksi Dimulai

Kemudian, invoice juga berisi tentang waktu transaksi jual belinya dimulai. Biasanya di dalam invoice akan dituliskan tanggal, bulan, dan tahun. Namun, pada perusahaan tertentu yang memiliki sistem invoice digital bisa juga membubuhkan jam. 

Keterangan waktu ini diharapkan menjadi pengingat bahwa transaksi telah terjadi di waktu tersebut. Selain itu, waktu juga bisa memudahkan penelitian atas data-data yang telah direkap . Bagi para akuntan, invoice ini sangat penting untuk keuangan perusahaan. 

Menampilkan Harga dan juga Barang yang Dijualbelikan

Lalu, invoice juga menampilkan harga dan juga barang yang dijualbelikan. Biasanya di dalam invoice tersebut dituliskan harga dari suatu produk. Kemudian, ada informasi mengenai jumlah barang yang dibeli. 

Lalu, invoice juga memuat harga barang yang telah dikalikan dengan jumlahnya. Kemudian, invoice juga menampilkan berapa banyak jumlah pajak yang harus dibayarkan. Dengan ini maka perusahaan bisa melihat rincian pembelanjaan dengan mudah. 

Harga total yang harus dibayarkan oleh Perusahaan Pembeli

Terakhir, invoice berisi tentang harga total dari pembelanjaan yang telah dilakukan. Harga total ini sudah termasuk pajak. 

Nah, itu dia beberapa poin yang perlu Anda ketahui mengenai isi dari invoice pembayaran. Memang tak jauh berbeda dengan nota, hanya saja penggunaannya yang dilakukan oleh perusahaan wajib pajak. Dengan adanya invoice ini semua status pembayaran menjadi mudah diatur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *