Berbagai Jenis Kosmetik
Kosmetik

Tahapan Private Label Cosmetic

Ketika Anda ingin membuat produk skincare sendiri, Anda pasti ingin memiliki produk dengan bahan berbeda dari yang lain. Tapi, tidak semua bisa melakukannya sendiri. Tapi tenang, sekarang ini sudah ada yang namanya private label kosmetik yang tentunya bisa membantu Anda untuk membuat produk sendiri.

Apa itu Private Label?

Private label atau private brand ini adalah sebuah nama merk barang yang diberikan oleh pihak tiki, atau distributor yang membeli barang dari produsen.

Private label ini banyak ditemui di supermarket dengan nama barangnya adalah nama supermarket tersebut, meski tidak membuat produknya sendiri. Mereka hanya tinggal memesan dari produsen, dari produsen skala besar serta UKM dan lalu baru memberi nama sesuai dengan yang diinginkan.

Tahapan-Tahapan

Dalam membuat kosmetik, ada beberapa tahapan yang bisa Anda ikuti dan taati, yaitu,

  1. Ideation atau Menentukan Ide

Tahap pertama dari private label kosmetik adalah tahap dimana Anda memikirkan dan mengutarakan ide tentang apa yang ingin dibuat.

Tahap ini bisa dikatakan sangat membutuhkan kreativitas, fokus, sampai diskusi dengan team secara intens.

Cara yang bisa Anda lakukan pun banyak, dari Anda bisa mencoba membangun sebuah team yang bisa membantu membuat ide konsep dasar tentang produk yang Anda inginkan.

Kedua, Anda dapat riset pasar. Anda bisa mencari info tentang trend yang sedang viral atau heboh baru-baru ini di pasaran. Kumpulkanlah data sebanyak mungkin, agar Anda dan team bisa mengetahui konsep apa yang sesuai dengan yang digemari orang-orang baru-baru ini.

  1. Consultation atau Konsultasi

Tahap ini Anda dengan team dan manufaktur partner akan mulai bertemu dan berkonsultasi tentang konsep produk serta hal-hal  yang harus disiapkan ketika membuat produk brand sendiri.

Juga tentang kekurangan kelebihan, minimum pemesanan, harga, perjanjian kerja sama, dan semacamnya.

  1. Product Prototyping atau Sample

Tahap ketiga ini adalah dimana partner manufacture mulai membuat produk sample dari produk yang ingin Anda buat.

  1. Production atau Produksi

Tahap keempat ini adalah tahap dimana setelah produk sample disetujui, manufacture partner akan mulai memproduksi sesuai banyaknya pemesanan yang Anda ajukan.

Biasanya perusahaan saya akan meminta uang muka 50%, lalu 50% nya lagi akan dibayarkan setelah produk dikirim.

  1. Delivering atau Pengiriman

Setelah masa produksi selesai, tahap terakhir adalah pengiriman. Anda bisa meminta untuk produknya dibungkus dengan rapi dan aman agar tidak rusak saat perjalanan.

Itulah 5 tahapan dari private label kosmetik yang akan Anda lakukan di saat ingin membuat produk dengan merk sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot gacor