ilustrasi baja ringan
Bahan Bangunan

Tips Mudah Mendapatkan Baja Ringan Dari Produsen Baja Ringan Berkualitas

Karena tak terlalu mengerti tentang material bangunan, bisa saja di antara Anda tak begitu mengerti tentang ciri-ciri baja ringan yang berkualitas. Tak usah bingung untuk memilih baja ringan dari produsen baja ringan berkualitas. Sebab, dengan beberapa tips berikut ini, Anda bisa menemukan baja ringan yang pastinya berkualitas. 

Tips Memilih Baja Ringan Berkualitas 

Tak semua baja ringan dari produsen baja ringan Indonesia yang memiliki kualitas yang bagus. Hal inilah yang menjadikan Anda harus benar-benar teliti dalam memilih baja ringan untuk kebutuhan material bangunan Anda. Nah, berikut adalah tips memilih baja ringan dengan kualitas yang bagus. 

  1. Memiliki Standar Nasional Indonesia

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan baja ringan yang berkualitas adalah dengan memilih baja ringan yang sudah ber-SNI. SNI baja ringan ini penting, sebab ini berkaitan dengan massa lapisan pelindung karat. Pastikan juga ketebalan baja ringan yang akan Anda pilih sesuai dengan SNI.  Ada baiknya jangan memilih baja ringan yang tak ber-SNI meskipun harganya murah. 

  1. Memiliki Garansi

Tips selanjutnya, ada baiknya Anda memilih baja ringan dari produsen baja ringan yang memberikan garansi. Dengan adanya garansi, maka Anda tidak akan terhindar dari adanya kerugian jika baja ringan rusak atau terjadi hal yang tak diinginkan lainnya. Tapi biasanya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan garansi. Untuk itu, pastikan Anda bisa melengkapi syarat yang diajukan. 

  1. Massa Lapisan Tahan Karat

Anda pun perlu memperhatikan massa lapisan tahan karat pada baja ringan yang akan Anda beli. Nah, ada baiknya Anda memilih baja ringan yang memiliki lapisan berupa  kandungan Aluminium Zinc (AZ). Semakin tebal kandungan AZ, maka ketahanan baja ringan terhadap karat pun akan lebih lama. 

Tapi meskipun begitu, ketahanan baja ringan terhadap karat juga dipengaruhi oleh faktor lokasi. Jadi, jika lokasi pengguna baja ringan di lokasi yang korosinya tinggi, maka ketahanan baja ringan terhadap karat akan berkurang. 

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Pilih baja ringan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, misal Anda akan membuat kanopi maka ada baiknya Anda memilih baja ringan yang memenuhi standar G550. Ini memiliki arti, bahwa baja ringan tersebut memiliki nilai tegangan tarik yaitu minimal 550 Mpa. Dengan memilih baja ringan yang sesuai kebutuhan Anda yaitu untuk kanopi, maka baja ringan akan kokoh dalam menopang beban. 

  1. Sesuaikan dengan Budget

Tips berikutnya adalah ada baiknya Anda memilih baja ringan yang harganya sesuai dengan budget yang sudah Anda siapkan. Tak ada salahnya melakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui harga baja ringan di pasaran. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih baja ringan. Dengan tips di atas, maka Anda akan mendapatkan produsen baja ringan yang berkualitas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *