Ilustrasi kehamilan
Kehamilan

Mau Cek Tuba Falopi dengan Tes HSG? Perhatikan Hal Ini!

Jika kamu dan pasangan telah lama menantikan kehamilan dan tidak kunjung mendapatkannya, mungkin sudah saatnya kamu melakukan pemeriksaan kesuburan, terutama pemeriksaan tuba falopi

Salah satu prosedur yang dapat dijalani adalah tes HSG. Lalu, apa itu tes HSG? Bagaimana persiapan dan efek sampingnya? Berapa biayanya? Jangan khawatir, karena kami telah merangkumnya khusus kamu. 

Histerosalpingografi

Histerosalpingografi (HSG) adalah prosedur penggunaan sinar X untuk memeriksa bagian dalam uterus dan tuba falopi. Dengan HSG, kamu dapat mengetahui jika tuba falopi tersumbat dan jika ukuran dan bentuk uterus tidak normal. Penyumbatan tuba falopi dan uterus yang tak normal dapat menyebabkan infertilitas (ketidaksuburan) dan masalah kehamilan. 

Selain pengecekan kesuburan, tes HSG juga dilakukan saat seseorang mengalami keguguran berulang.

Mengingat pentingnya masalah kesuburan dan kehamilan ini, ada baiknya untuk segera mengkonsultasikan kepada mereka yang berpengalaman di bidangnya. 

Persiapan Tes HSG

Sebelum melakukan tes HSG, penting bagimu untuk memperhatikan siklus haid, karena tes HSG dilakukan setelah masa haid dan sebelum masa ovulasi. Hal ini berarti 5 – 10 hari setelah masa haid berakhir. Melakukan tes HSG sebelum masa ovulasi berfungsi untuk mengurangi risiko menjalani prosedur saat kamu hamil. 

Jangan lupa untuk memberitahu dokter mengenai alergimu (terutama yang berhubungan dengan yodium), riwayat penyakit kamu (terutama yang berhubungan dengan infeksi pelvis, asma, dan pendarahan), serta obat-obatan yang sedang kamu konsumsi. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek-efek buruk yang mungkin terjadi pasca prosedur.

Persiapan sebelum tes HSG akan menyesuaikan dengan kondisi kesehatan kamu sesuai dengan saran dokter. Umumnya, pasien prosedur tes HSG akan  diberikan pereda nyeri satu jam sebelum prosedur berlangsung. Pada beberapa kasus, pasien juga akan diberikan antibiotik sebelum tes HSG. 

Setelah menjalani tes HSG, kamu mungkin akan mengalami pendarah ringan di area vagina, kram, dan pusing. Untuk itu, mintalah seseorang untuk menemani dan mengantar kamu pulang. Kamu mungkin juga akan membutuhkan pantyliner atau pembalut. 

Efek Samping Tes HSG

Permasalahan yang parah pasca tes HSG jarang terjadi. Biasanya, pasien akan mengalami kram ringan hingga sedang dan pendarahan ringan di bagian vagina. 

Namun, segera hubungi dokter jika kamu mengalami hal-hal seperti cairan vagina yang berbau, muntah, pingsan, sakit atau kram perut yang parah, pendarahan vagina hebat, dan juga demam. 

Kisaran Biaya Tes HSG

Untuk melakukan pemeriksaan tuba falopi dan uterus dengan tes HSG, setiap klinik dan rumah sakit menentukan tarif yang berbeda. Di Jakarta, kisaran harganya adalah 800 ribu – 3,5 juta. 

Demikian hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum menjalani tes HSG. Semoga bermanfaat, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *