Promil
Kesehatan

Beragam Pilihan Olahraga untuk Program Hamil

Kehamilan merupakan proses yang melibatkan berbagai faktor, baik itu faktor gaya hidup, mental, maupun fisik (kebugaran). Apakah Moms dan pasangan sedang mempersiapkan diri untuk mempunyai anak? Tentu Moms tahu bahwa gaya hidup sehat dapat membuat cepat hamil. Salah satunya dengan olahraga. Lalu apa saja olahraga untuk program hamil yang direkomendasikan?

Manfaat Olahraga Untuk Kesuburan

Jika selama ini olahraga sudah menjadi kebiasaan Mom, maka lanjutkanlah. Namun apabila tidak menjadi kebiasaan, mulailah berolahraga dari sekarang karena mempunyai berbagai manfaat. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata olahraga juga dapat membantu dalam program hamil loh! Hal itu disebabkan berolahraga secara rutin dan tidak terlalu berat dapat meningkatkan kesuburan, melancarkan menstruasi dan ovulasi, serta dapat mempersiapkan tubuh agar dapat beradaptasi dengan kondisi kehamilan.

Pilihan Olahraga Untuk Program Hamil

Rutin berolahraga dan mempunyai berat badan yang ideal adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesuburan yang nantinya sebagai indikator keberhasilan dari program hamil yang Moms jalani. Berikut ini beberapa pilihan olahraga untuk program hamil yang dapat Moms lakukan:

  1. Bersepeda

Olahraga ini dapat mempersiapkan tubuh untuk hamil dikarenakan bersepeda mempunyai manfaat dalam meningkatkan kekuatan otot punggung, perut, panggul, serta pangkal paha.

  1. Yoga

Melakukan yoga secara teratur mempunyai efek rileks dan menurunkan stres. Seperti yang Moms ketahui bahwa stres dapat menjadi faktor penghambat kesuburan. Latihan yoga sendiri menggabungkan gerakan tubuh dengan meditasi guna untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Jogging

Luangkanlah waktu sekitar 30 menit dalam sehari untuk melakukan jogging selama 2-3 kali per minggu agar Mom dapat meningkatkan kesuburan dan peluang hamil.

  1. Senam Kegel

Selain baik untuk dilakukan saat hamil maupun setelah melahirkan, ternyata senam kegel juga bermanfaat untuk program hamil. Hal ini dikarenakan senam kegel membuat otot-otot panggul, vagina, dan kandung kemih kencang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah secara rutin ya Moms, setidaknya 3 kali dalam seminggu.

  1. Pilates

Pilates berfokus pada ketahanan otot dan persendian, kekuatan, serta fleksibilitas yang dapat membuat Moms menjadi rileks dan terhindar dari stres.

  1. Berenang

Berenang bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal. Hal tersebut menyebabkan semakin tinggi untuk berpeluang hamil.

Olahraga untuk Program Hamil dan Kesuburan Wanita

Ternyata sudah banyak yang meneliti terkait dengan manfaat olahraga bagi kesuburan wanita. Menurut penelitian, olahraga dapat menurunkan terjadinya infertilitas akibat gangguan ovulasi pada wanita apabila dilakukan selama 30 menit atau lebih. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi stres. Stres dapat menurunkan kemungkinan terjadinya pembuahan. Oleh karena itu, durasi olahraga untuk program hamil disarankan 150 menit dalam seminggu secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *