Apa itu oil seal skf?
Seal

Oil Seal SKF? Apakah itu? Yuk, Cari Tahu!

Mungkin sebagian orang belum tahu mengenai komponen mesin yang bernama oil seal. Namun, Anda tak perlu bingung karena dalam artikel berikut ini akan dijelaskan apa itu oil seal SKF beserta fungsi dan jenis-jenisnya.

Pengertian Oil Seal SKF

Oil seal SKF adalah salah satu komponen mesin yang berfungsi untuk memastikan pelumas tetap ada di dalam mesin dan melindunginya dari kontaminasi. Ukurannya kecil, tetapi ia mampu memberikan perlindungan maksimal pada mesin. Oil seal juga berguna agar tidak ada kebocoran udara dan cairan yang terjadi. Terdapat 2 jenis oil seal, yaitu static seal dan dynamic seal. Static seal adalah seal yang dipakai pada mesin yang tidak bergerak. Sedangkan dynamic seal dipakai pada mesin yang bergerak.

Fungsi

Berikut ini adalah beberapa fungsi oil seal SKF:

  • Menjaga dari udara, kotoran, cairan asing, serta material lainnya agar tidak masuk ke dalam mesin
  • Lapisan luar untuk melindungi mesin dari permukaan yang tidak rata
  • Menjaga agar tidak terjadi kebocoran pelumas
  • Menjaga komponen mesin agar tidak rusak

Jenis-jenis

Berikut adalah jenis-jenis oil seal yang perlu Anda ketahui:

  1. O-Ring

Oil seal ini memiliki bentuk seperti ring yang terbuat dari karet. Biasanya, ia digunakan untuk melapisi sambungan antar pipa atau bagian mesin lainnya.

  1. Duo Cone Seal

Jenis oil seal ini berfungsi untuk menjaga mesin dari kebocoran. Ia biasanya dipasang pada bagian di antara groove metal retaining ring.

  1. Lip Seal

Lip seal biasanya digunakan pada mesin yang bergerak, terutama alat berat. Lip seal berguna untuk melindungi mesin agar tidak panas akibat gesekan yang terjadi.

  1. Gasket

Gasket adalah seal yang dipakai untuk melapisi sambungan antar bagian. Biasanya digunakan pada pipa dan komponen mesin lainnya.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui apa yang dimaksud dengan oil seal SKF beserta fungsi dan jenis-jenisnya. Anda bisa menentukan jenis oil seal apa yang cocok untuk Anda gunakan. Anda juga bisa memilih oil seal yang berkualitas dan tidak membuat mesin cepat rusak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot gacor