Ilustrasi atap
Bahan Bangunan

Ini Dia Tips Memasang Floordeck Agar Konstruksi Lebih Kokoh

Setiap bangunan dibangun dengan kebutuhan dan spesifikasi masing-masing. Salah satu jenis material yang sering digunakan adalah floordeck. Ini adalah material berupa lembaran dari galvalume yang telah dilapisi galvanis dan berperan sebagai pengganti papan atau triplek. Material ini juga mulai banyak digunakan untuk cor dak sebagai alternatif sistem konvensional yang menggunakan triplek.

Cara Pasang Floordeck yang Benar

Proses pemasangan metal deck pada konstruksi sebenarnya lebih cepat dibandingkan menggunakan papan konvensional. Berikut ini adalah proses atau cara pemasangan metal deck tersebut yang perlu dilakukan.

  • Pertama, pasang balok penyangga. Pastikan balok tersebut terpasang merata dan sejajar. Jika tidak rata, beban yang ditanggung pun tidak merata dan menyebabkan keruntuhan pada konstruksi.
  • Pasang material ini minimal 2,5 cm dari bagian tepi balok
  • Saat proses pengecoran dan ketika cor belum kering, pasang tiang penyangga di bagian yang diperlukan agar beban tersebar merata. Penyangga tersebut dapat dipasang dengan jarak sekitar 1,5 meter.
  • Pasang stek atau bolt sebagai penguat agar material tidak bergeser saat pengecoran berlangsung.
  • Pasang end stop di bagian tepi floordeck untuk menghindari tumpahan campuran semen.
  • Pasang wiremesh dengan jarak sekitar 1,5 cm dari metal deck
  • Bersihkan atap metal deck dari sisa-sisa proses pengerjaan
  • Lakukan proses pengecoran. Usahakan tidak banyak pekerja yang melakukan pengecoran untuk menghindari pergeseran karena terlalu banyak yang berlalu Lalang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pemasangan

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam cara pemasangan floordeck. Untuk memastikan material tersebut terpasang dengan baik, berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan.

  • Menggunakan Papan Saat Proses Pengecoran

Gunakan papan selama proses pengecoran. Hal ini bertujuan agar saat proses meratakan adukan pada beton yang dituangkan ke lantai, lantai tidak mendapat beban yang terlalu banyak sekaligus dapat menahan terjadinya defleksi pada lantai decking.

  • Meratakan Adukan

Ketika adukan beton dituangkan ke cetakan, adukan juga diratakan ke seluruh pelat agar tidak ada penumpukan di satu tempat. Hal ini juga akan membuat pemadatan beton dapat dilakukan secara merata ke seluruh bagian.

Demikian ulasan mengenai cara pemasangan dan hal yang perlu diperhatikan ketika memasang floordeck. Saat ini material tersebut sudah umum digunakan mulai dari proyek kecil hingga menengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot gacor