ilustrasi harga genset ats
Genset

Perawatan dan Harga Genset serta ATS-nya

Dari banyaknya komponen pada sebuah genset, ada baiknya kalian mengetahui yang namanya ATS atau Automatic Transfer Switch. Sistem ini adalah sistem yang memungkinkan sebuah genset mengalirkan listrik ke perangkat yang terhubung ke genset dengan otomatis sesaat setelah listrik padam. Yang perlu kita perhatikan juga adalah bagaimana perawatan dan harga genset ATS ini.

Perawatan Genset dan ATS

Genset tentunya tidak dapat bertahan lama jika komponen dalamnya tidak diperhatikan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang dapat kalian ketahui tentang perawatannya, yaitu,

  1. Perawatan Baterai

Ketika genset kalian berusia lebih dari tiga tahun, kalian perlu membutuhkan pemeriksaan dengan mengukur tegangan terminal juga menjaga kebersihan baterai. Cobalah gunakan larutan baking soda untuk pencucian yang berguna mempertahankan terminal baterai tersebut.

Sedangkan untuk mengukur tegangan terminalnya, kalian dapat lakukan load tester yang dilakukan saat starting baterai.

  1. Perawatan Klep Bahan Bakar

Bahan bakar yang digunakan genet kalian haruslah dipastikan tidak ada yang tumpah. Hal ini dapat menghindari kalian dari risiko kebakaran ataupun konsleting kabel.

Maka dari itu, saat mengisi bahan bakar jangan lupa untuk periksa pipa bahan bakar, selang pendingin, sampai tangki serta penutup bahan bakar dan pastikan tidak ada permukaan yang berlubang ataupun berkarat.

  1. Perawatan Kabel

Supaya alat ATS pada genset kalian bisa berfungsi dengan benar, kalian harus bisa merawat kabel yang ada. Kalian harus memastikan jika kabelnya telah terpaku dengan benar dan tidak terdapat tayap maupun tikus gang dapat menggerogoti kabelnya.

Karena jika kabel tersebut mengelupas, resiko konsleting akan cukup besar dan berbahaya.

Harga Automatic Transfer Switch

Setelah mengetahui beberapa cara merawat genset, kalian harus mengetahui harga ats genset.

Sebenarnya, harga ats genset kebanyakan sudah menjadi satu dengan genset dan pemasangannya. Jadi kalian tidak usah repot lagi memikirkan alat tersebut.

Walaupun begitu, ATS genset juga dijual secara terpisah. Harga ATS genset tersebut juga cukup terjangkau. Mulai dari 300 ribu sampai dengan jutaan keatas, tergantung dengan model yang kalian butuhkan. 

Tentunya genset dan alat ATS tersebut dapat kalian temui di distributor genset serta toko online dengan mudah dan harga ats genset yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot gacor